Selasa, 02 Maret 2010

Workshop film indie SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan

Pekalongan 26-27 Feb 2010


SMA 1 Muhammadiyah Pekajangan di Pekalongan mengadakan workshop pelatihan dasar pembuatan film indie, bekerjasama dengan OCC (Oengoe Cinema Club). Acara yang dilaksanakan selama 2 hari ini menghadirkan 4 anggota dari OCC, Adityo Baharmoko, Riza Fauzi, Lukman Hakim, dan Rio Luhung P.

Tujuan OCC mendatangi SMA 1 Muhammadiyah Pekajangan di Pekalongan adalah mengembangkan dunia perfilman indie dan memasyarakatkan film indie dikalangan remaja SMA. Film indie sendiri memang kurang berkembang di kota batik ini. Atas dasar itu OCC melalui salah satu anggotanya yang merupakan alumni dari SMA tersebut bekerja sama untuk menggagas acara workshop ini.

Hari pertama dibuka dengan teori-teori dasar pembuatan film. Mulai dari sejarah film, jenis-jenis film, sampai dengan teori praproduksi, seperti pengenalan alat-alat produksi, penulisan skenario dan penyutradaraan.

Hari kedua diisi dengan acara pembuatan film dari masing-masing kelompok. Peserta diharuskan membuat skenario, berkoordinasi dalam sebuah kru film, dan dengan waktu yang terbatas mampu menghasilkan sebuah film indie berdurasi sekitar 4 menit. Proses pengambilan gambar berlangsung cukup mudah karena semua anak sudah cukup paham bagaimana cara mengambil gambar yang baik. Peserta workshop yang masih duduk di bangku kelas X dan XI ini nampak bersemangat dan antusias, walau dengan cuaca kota pekalongan yang cukup panas saat itu. Workshop dilanjutkan dengan pelatihan editing video. Di awali dengan pengenalan dasar-dasar editing, dan kemudian masing-masing kelompok mengedit film mereka sendiri.

Dipuncak acara dilakukan screening hasil pembuatan film masing-masing kelompok dan kemudian dilanjutkan evaluasi oleh pihak OCC.

Semoga jalinan kerjasama ini, kedepan menuju kearah yang lebih baik. Dan terjalin hubungan yang mutualisme antar kedua belah pihak. Rukulux


3 komentar:

  1. yang bikin blognya siapa ya .........

    BalasHapus
  2. nitip film indie punyaQ dulu http://www.youtube.com/watch?v=7X4yfFGQf3s

    BalasHapus
  3. ayo dong SMA Muh 1 pekalongan,.. kamu bisa buat film indie,.. buktikan,..

    BalasHapus